Implemetasi Pendidikan Karakter di MI Al-Musthofawiyah Palang Melalui Pembiasaan Baca Tulis Juz ‘Amma dan Kaleng Infaq GISA

Authors

  • Alvina Putri Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Diah Rahmawati Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Siti Nur Hafizha Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Akhmad Aji Pradana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

Keywords:

Pendidikan Karakter, Juz Amma, Kaleng Infaq, GISA

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha atau upaya yang dilakukan bersama untuk menanamkan serta mengembangkan nilai-nilai karakter kepada para siswa. Salah satu cara dalam menerapkan Pendidikan karakter adalah melalui program pembiasaan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan karakter di MI Al-Musthofawiyah palang melalui pembiasaan baca tulis Juz ‘amma dan kaleng infaq GISA, tantangan pelaksaan program, dan dampak dari program tersebut. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui Teknik interview dan observasi langsung. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian menyajikan data berupa uraian singkat, dan menarik Kesimpulan. hasil dari penelitian ini adalah kedua kegiatan tersebut didalamnya terdapat beberapa penerapan nilai pendidikan karakter, seperti religius, jujur, tanggung jawab, dan peduli sosial. Ada beberapa tantangan dalam pelaksanaan program tersebut, tantangan tersebut datang dari peserta didik sendiri. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan tersebut muncul beberapa dampak positif yang dapat melatih dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang ada pada diri peserta didik. Program tersebut layak direkomendasikan untuk diimplementasikan pada berbagai jenjang pendidikan.

References

Dalyono, Bambang, and Enny Dwi Lestariningsih. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Bangun Rekaprima 3, no. 2 (October 1, 2017): 33–42.

Ernawati, Sitti, and Agus Zainudin. “PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI HAFALAN JUZ AMMA DI MI BUSTANUL ULUM MLOKOREJO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER.” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (March 7, 2024): 1–4.

Fakhizati, Uzmatul. “Implikasi Pembiasaan Hafalan Juz ‘amma Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas 9 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Brebes.” UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2024.

Hendriana, Evinna Cinda, and Arnold Jacobus. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1, no. 2 (October 31, 2017): 25–29.

Madinah, Safira Nur. “Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Sedekah Laut Di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes” (2024).

Mardiana, Annisa Titis, Firman Robiansyah, and Darmawan Darmawan. “Pembinaan Karakter Siswa SDN 5 Gunung Agung Melalui Program Jumat Amal.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (June 5, 2022): 82–101.

Marina, Weni. “Penanaman Karakter Disiplin Dan Keterampilan Bahasa Arab Melalui Pembiasaan Membaca Juz Amma.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 9, no. 1 (March 3, 2022): 1–7.

Muna, Muhammad Choirul. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MUHAMMADIYAH BUMIREJO 1 KABUPATEN MAGELANG Repository UNIMMA.” Universitas Muhammadiyah Magelang, 2023.

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2, no. 1 (March 31, 2020): 55–66.

Rismawan, Yuliana. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBIASAAN INFAQDAN SHADAQAH DI SMP MUHAMMADIYAH GEDONG TATAANKABUPATEN PESAWARAN LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023” (September 18, 2023).

Saniya, Kholifatus, and Lilif Muallifatul Khorida Filasofa. “Penanaman Karakter Sosial Anak Melalui Program Berbagi.” Aulad: Journal on Early Childhood 8, no. 1 (January 10, 2025): 10–19.

Sari, Nurratri Kurnia, and Linda Dian Puspita. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.” Dikdas Bantara Journal 2, no. 1 (April 5, 2019).

Wadiyati. “Implementasi Gerakan 500 (G-500) Peduli Sesama Lingkungan Sosial (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama Al-Hasra, Kota Depok).” Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2020.

Zahriyah, Yunita Anisatu. “Penanaman Nilai Filantropi IslamPada Siswa Melalui Kegiatan Sabtu Infak Di MI Salafiyah 1 Kauman” (November 1, 2024).

Zakiyah, B Z, Astutik, Dewi Nurul Hidayah, and Eni Komariyah. “Relevansi Pembinaan Karakter Religius Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa MI Nurul Mun’im Karanganyar Paiton Probolinggo | BZ | TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora.” TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora. 4, no. 3 (2023).

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles