Author Guidelines

Penulis wajib mengirimkan naskah secara daring dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai penulis melalui situs web: https://journal.stai-ypbwi.ac.id/index.php/JSPED/about/submissions

Untuk setiap artikel yang dikirimkan, penulis wajib mengikuti syarat dan ketentuan sesuai dengan Style Guide JSPED: Jurnal Studi Pendidikan Dasar (dapat diunduh pada halaman Style Guide).

Ketentuan Penulisan Naskah:
Naskah yang dikirim merupakan karya ilmiah asli, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang dalam proses pengajuan di media/jurnal lain.

Redaksi JSPED mengundang para ahli peneliti, akademisi, ilmuan semua untuk berkontribusi mengirim artikel berupa paper teks, baik dalam bentuk ide konseptual, penerapan teori, hasil penelitian ilmiah dalam pendidikan, pembelajaran, pengajaran, dan tinjauan literatur yang sejalan dengan disiplin pendidikan di sekolah dasar.

Fokus dan ruang lingkup JSPED antara lain:

Studi dan Pengembangan Pendidikan di MI/SD
Desain, Perencanaan, Strategi Pembelajaran di MI/SD
Evaluasi Pembelajaran di MI/SD
Manajemen Pendidikan MI/SD
Pendidikan Inklusif tentang MI/SD
Penelitian Berbasis Integrasi dan Interkoneksi MI/SD
Profesionalisme Guru di MI/SD
Perangkat dan Inovasi Pembelajaran di MI/SD
Teknologi Informasi dan Literasi Digital di MI/SD
Manuskrip yang dimuat harus orisinil dan belum pernah diterbitkan sebelumnya.

Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Naskah diketik dengan font Times New Roman, ukuran font 12 pt, dan 1,5 spasi dengan ukuran spasi yang sama sebelum dan / atau setelah paragraf.

Naskah diawali dengan abstrak 150–200 kata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Judul, abstrak, dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris).

Abstrak harus memuat: latar belakang masalah, tujuan, teori dan metode, temuan/keaslian ide, dan argumen.

Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik. Jika naskah ditulis oleh tim, editor hanya akan berkomunikasi dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pertama.

Struktur Naskah:
Pendahuluan.
Bagian ini adalah pendahuluan pada artikel/naskah yang anda tulis. Uraian pendahuluan diketik dalam font Times New Roman, ukuran font 12 pt, dan 1,5 spasi dengan ukuran spasi yang sama sebelum dan / atau setelah paragraf. Bagi istilah asing, diketik menggunakan control italic (cetak miring). Kata/bahasa Arab di transliterasikan berdasarkan Author Guidelines di JSEP: Jurnal Studi Pendidikan Dasar. Sedangkan pengutipan silahkan gunakan catatan kaki dengan gaya Turabian 8th ed.

Metode
           Pada bagian kedua ini, Anda dapat mendeskripsikan setiap aspek masalah satu demi satu. Argumen dibangun dengan menyediakan data asli yang didiskusikan dan dibandingkan dengan penelitian dan karya penulis lain. Cara untuk membahas sebuah isu pada bagian ini adalah dengan menggabungkan data dan diskusi. 
          Setiap kutipan ditulis dengan cara tertentu yang dapat diidentifikasi sebagai "kutipan" yang berbeda dari teks asli Anda. Di akhir setiap kutipan, Anda harus mencantumkan referensi dalam gaya catatan kaki (footnote) JSPED: Jurnal Studi Pendidikan Dasar. Referensi juga harus diletakkan di akhir setiap kutipan yang mengutip pemikiran dari karya orang lain. Format kutipan (footnote) dari buku, jurnal, web dan lain sebagainya, menggunakan gaya Turabian 8th yang tertera di Author Guidelines JSPED: Jurnal Studi Pendidikan Dasar.

Hasil dan Pembahasan
         Sumber atau referensi lain selain buku adalah jurnal, majalah dan surat kabar, disertasi, tesis, laporan, bagian dari buku, dan situs web (internet). Jika sumber yang diambil dari situs web (internet), maka cantumkan nama penulis, judul tulisan berikut url internet lengkap denngan menyertakan tanggal akses (lihat gaya Turabian 8th yang tertera di Author Guidelines JSEP: Jurnal Studi Pendidikan Dasar).

Kesimpulan
Bagian ini adalah sebuah paragraf sebagai penutup. Ini bisa menjadi kesimpulan akhir dari diskusi dan analisis Anda dan rekomendasi Anda untuk penelitian selanjutnya. Perlu diingat bahwa kesimpulan bukanlah rangkuman dari apa-apa yang telah disampaikan melainkan sebuah sintesis penulis terhadap refleksi penulis antara teori dan fakta yang disampaikan sebelumnya.

Daftar Pustaka – Disusun secara alfabetis, mengikuti APA Style, menggunakan aplikasi Mendeley.

Format Artikel:
Telah sesuai dengan Style Guide JSPED: Jurnal Studi Pendidikan Dasar

Tidak pernah dipublikasikan di media manapun dan tidak sedang dikirim ke jurnal lain.

Tidak mengandung unsur plagiarisme, pemalsuan, atau rekayasa data.

Jurnal ini tidak membebankan biaya apa pun kepada penulis.

Daftar Persiapan Pengajuan Naskah
Sebagai bagian dari proses pengajuan, penulis diminta untuk mencentang kesesuaian naskahnya dengan ketentuan berikut. Naskah dapat dikembalikan jika tidak sesuai:

File naskah dalam format Open Office, Microsoft Word, atau WordPerfect.

Teks mengikuti gaya penulisan dan bibliografi yang ditentukan di Author Guidelines.

Untuk bagian yang ditinjau sejawat (peer-reviewed), petunjuk Ensuring a Blind Review telah diikuti.

Pernyataan Privasi
Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan publikasi jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau dibagikan kepada pihak lain.