Publication Ethics

Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI YPBWI Surabaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam pendidikan, pembelajaran, pengajaran di sekolah dasar. Pernyataan ditujukan untuk memperjelas etika diantara para aktor yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini, termasuk di dalamnya penulis, kepala editor, dan dewan editor. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED sebagai penerbit Jurnal Studi dan Pengembangan Pendidikan di MI/SD, Desain, Perencanaan, Strategi Pembelajaran di MI/SD, Evaluasi Pembelajaran di MI/SD, Manajemen Pendidikan MI/SD, Pendidikan Inklusif tentang MI/SD, Penelitian Berbasis Integrasi dan Interkoneksi MI/SD, Profesionalisme Guru di MI/SD, Perangkat dan Inovasi Pembelajaran di MI/SD, Teknologi Informasi dan Literasi Digital di MI/SD, dan topik terkait fokus ke-MI/SD berperan untuk menjaga semua tahap penerbitan secara sungguh-sungguh dan kami menyadari benar secara etis tanggungjawab kami. Kami berkomitmen untuk menjamin bahwa proses penerbitan itu tidak berdampak pada keputusan editorial.

Tugas Editor (Duties of Editors)

  • Keputusan Publikasi

Editor Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED bertanggungjawab untuk memutuskan menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada naskah berdasarkan laporan hasil review dari dewan editorial. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini. Editor harus bertanggung jawab atas semua yang mereka terbitkan dan harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk memastikan kualitas materi yang mereka terbitkan dan menjaga integritas catatan yang diterbitkan.

  • Perlakuan yang Setara

Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima oleh jurnal ditinjau untuk konten intelektualnya tanpa mempertimbangkan jenis kelamin, jenis kelamin, ras, agama, kewarganegaraan, dll dari penulis. Bagian penting dari tanggungjawab untuk membuat keputusan yang adil dan tidak memihak adalah penegakan prinsip independensi dan integritas editorial. Editor akan memastikan artikel sesuai dengan fokus/scope keilmuan jurnal.

  • Tinjauan Naskah

Editor harus memastikan bahwa setiap naskah awalnya dievaluasi oleh editor untuk orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses peer review mereka dalam informasi untuk penulis dan juga menunjukkan bagian jurnal mana yang ditinjau oleh rekan kerja. Editor harus menggunakan peer reviewer yang tepat untuk makalah yang dipertimbangkan untuk publikasi dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan menghindari mereka yang memiliki konflik kepentingan.

  • Kerahasiaan

Editor dan staf editor harus memegang kuat rahasia atas informasi para pengirim artikel kepada siapapun selain dari penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.

  • Pemberitahuan Informasi dan Konflik Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.

Tugas Penelaah (Duties of Reviewer)

  • Kontribusi terhadap Keputusan Dewan Editorial

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan dan melalui editor menyampaikan hasil telaah reviewer kepada penulis agar penulis dapat memperbaiki kualitas artikelnya.

  • Kesesuaian

Reviewer yang merasa tidak sesuai kepakaranya untuk menelaah artikel yang ada harus menginformasikan kepada editor dan menolak untuk melakukan penelaahan terhadap artikel tersebut.

  • Kerahasiaan

Semua artikel yang diterima untuk kemudian direview harus diperlakukan sebagai dokumen yang rahasia. Artikel-artikel tersebut tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan pihak lain kecuali ada kewenangan yang diberikan oleh editor.

  • Standar Objektivitas

Tinjauan naskah harus dilakukan secara objektif dengan argumen yang mendukung sesuai kaidah ilmiah. Peninjau harus mengikuti petunjuk jurnal tentang umpan balik spesifik yang diperlukan dari mereka. Peninjau harus konstruktif dalam ulasan mereka dan memberikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka.

  • Pengakuan terhadap Sumber

Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian. Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis.

  • Kerahasiaan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh menelaah artikel yang didalamnya menyimpan konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan artikel.

Tugas Penulis (Duties of Authors)

  • Standard Pelaporan

Penulis artikel tentang laporan penelitian harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang yang digunakan harus secara akurat dideskripsikan dalam artikel tersebut. Sebuah artikel harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

  • Orisinalitas dan Penjiplakan

Penulis harus menjamin bahwa artikelnnya merupakan orisinil, dan jika penulis menggunakan hasil pekerjaan atau penggunaan kata dari artikel lainnya harus secara benar dikutip atau dipetik.

  • Publikasi Berganda, Berulang atau Bersamaan

Penulis tidak diperbolehkan mempublikasikan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau terbitan lainnya. Mengirimkan satu artikel ke jurnal lain secara bersamaan juga merupakan suatu perilaku yang tidak etis dan tidak dibenarkan.

  • Pengakuan terhadap Sumber

Pengakuan yang layak terhadap sumber lain yang digunakan harus dilakukan. Penulis harus mencitasi publikasi yang sangat berpengaruh dalam artikelnya tersebut.

  • Kepenulisan (Authorship of the Paper)

Kepenulisan harus terbatas kepada pihak yang berkontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi dari artikel tersebut. Semua yang terlibat dan berpartisipasi dalam substansi artikel tersebut harus disertakan sebagai penulis pendamping (co-author). Sementara, pihak lainnya dapat disebutkan sebagai kontributor. Penulis yang menjadi penghubung harus memastikan bahwa semua penulis yang layak tercantum, sementara yang tidak layak, tidak dicantumkan. Dan semua penulis yang tercantum menyetujui versi final dari artikel tersebut dan menyetujui untuk diajukan dalam publikasi.

  • Kerahasiaan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus membuka informasi semua informasi dalam artikel tersebut yang dapat berkontribusi pada konflik kepentingan, seperti pendanaan atau lainnya yang dapat mempengaruhi penulisan dan hasil interpretasi dari artikel tersebut. Semua sumber pendanaan harus diinformasikan.

  • Kesalahan Mendasar dalam Artikel

Ketika penulis menemukan kesalahan yang besar atau ketidakakuratan dalam artikelnya, penulis berkewajiban memberitahukan kepada editor atau penerbit dan bersedia bekerjasama dengan editor dalam memperbaiki kesalahan tersebut.

Plagiarism Check / Catatan tentang Plagiarisme (Plagiarism Notice)

Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED sebagai jurnal yang kredibel, ingin memastikan bahwa semua penulis berhati-hati dan mematuhi standar internasional untuk integritas akademik, khususnya dalam masalah plagiarisme.

Plagiarisme terjadi ketika seorang penulis mengambil ide, informasi, atau kata-kata dari sumber lain tanpa kredit yang layak ke sumbernya. Bahkan ketika itu terjadi secara tidak sengaja, plagiarisme masih merupakan pelanggaran akademis yang serius, dan tidak dapat diterima dalam publikasi akademik internasional.

Ketika penulis mempelajari informasi spesifik (nama, tanggal, tempat, nomor statistik, atau informasi terperinci lainnya) dari sumber tertentu, sebuah kutipan diperlukan. Informasi tanpa kutipan dapat dibenarkan ketika informasi tersebut merupakan pengetahuan umum, contoh Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia.

Ketika penulis mengambil ide dari penulis lain, sebuah kutipan diperlukan — bahkan jika penulis kemudian mengembangkan gagasan itu lebih lanjut. Ini mungkin ide tentang bagaimana menafsirkan data, apakah metodologi yang digunakan atau kesimpulan apa yang harus diambil. Mungkin ide tentang perkembangan luas di bidang atau informasi umum. Terlepas dari gagasan itu, penulis harus mengutip sumber mereka. Dalam kasus di mana penulis mengembangkan ide lebih lanjut, masih perlu mengutip sumber asli dari ide tersebut, dan kemudian dalam kalimat berikutnya penulis dapat menjelaskan ide yang lebih berkembang.

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli sepenuhnya. Karya dan publikasi sebelumnya yang relevan, baik oleh peneliti lain maupun milik penulis, harus diakui dan dirujuk dengan semestinya. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang sesuai. Plagiarisme dalam segala bentuknya merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED memperlakukan integritas akademik dengan sangat serius, dan editor berhak untuk menarik penerimaan dari artikel yang terbukti melanggar standar yang disebutkan di atas. Untuk informasi lebih lanjut, penulis potensial dapat menghubungi kantor editorial di Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED STAI YPBWI Surabaya.