Dampak Keterlambatan Bicara dan Kurangnya Penguasaan Bahasa Isyarat Pada Anak Tuna Rungu
Keywords:
Kata kunci: tunarungu, keterlambatan bicara, bahasa isyarat, hambatan komunikasi, perkembangan anakAbstract
ABSTRAKAnak tunarungu menghadapi tantangan besar dalam perkembangan bahasa dan komunikasi, terutama ketika mengalami keterlambatan bicara dan tidak memperoleh penguasaan bahasa isyarat secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak dari dua kondisi tersebut terhadap perkembangan psikososial dan akademik anak tunarungu. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif berbasis studi literatur, artikel ini mengkaji faktor-faktor penyebab keterlambatan bicara, rendahnya kemampuan bahasa isyarat, serta dampak jangka panjang yang ditimbulkannya. Hasil kajian menunjukkan bahwa keterlambatan penguasaan bahasa menyebabkan hambatan komunikasi yang serius, menimbulkan isolasi sosial, gangguan emosional, dan penurunan kepercayaan diri. Secara akademik, anak tunarungu mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran dan berpartisipasi aktif di sekolah, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar. Dampak jangka panjangnya mencakup keterbatasan dalam dunia kerja dan relasi sosial, serta risiko rendahnya kualitas hidup. Oleh karena itu, penting dilakukan intervensi dini dan penyediaan pendidikan inklusif berbasis bahasa isyarat untuk mendukung perkembangan anak tunarungu secara optimal. Bahasa bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga hak dasar anak untuk tumbuh, belajar, dan membangun identitas diri.
ABSTRACT
Children with hearing impairment face major challenges in language and communication development, especially when they experience speech delays and do not acquire optimal sign language skills. This study aims to describe the impact of these two conditions on the psychosocial and academic development of children with hearing impairment. Using a descriptive qualitative method based on literature studies, this article examines the factors causing speech delays, low sign language skills, and the long-term impacts they cause. The results of the study indicate that delayed language acquisition causes serious communication barriers, leads to social isolation, emotional disturbances, and decreased self-confidence. Academically, children with hearing impairment have difficulty understanding lesson materials and actively participating in school, resulting in low academic achievement. The long-term impacts include limitations in the world of work and social relations, as well as the risk of low quality of life. Therefore, it is important to carry out early intervention and provide inclusive sign language-based education to support the optimal development of children with hearing impairment. Language is not only a means of communication, but also a child's basic right to grow, learn, and build their identity.
References
M.Pd Dra. Farida Jaya and S.Pd Anisa Zein, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunarungu Di Slb Abc Taman Pendidikan Islam Medan,” Tazkiya, 2018.
Wayan Suprapta, “Pendekatan Pembelajaran Klasikal Yang Diterapkan Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri 1 Tabanan Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan,” Jurnal Penelitian Agama Hindu 1, no. 2 (2017): 99, https://doi.org/10.25078/jpah.v1i2.221.
KHOLISATUL KHOTIMAH, “Penerapan Gambar Isyarat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Recount Pada Siswa Kelas Viii I Smp Negeri 10 Malang,” LANGUAGE?: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2, no. 1 (2022): 57–63, https://doi.org/10.51878/language.v2i1.989.
Suprapta, “Pendekatan Pembelajaran Klasikal Yang Diterapkan Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri 1 Tabanan Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan.”
KHOLISATUL KHOTIMAH, “Penerapan Gambar Isyarat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Recount Pada Siswa Kelas Viii I Smp Negeri 10 Malang,” LANGUAGE?: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2, no. 1 (2022): 57–63, https://doi.org/10.51878/language.v2i1.989.
Suprapta, “Pendekatan Pembelajaran Klasikal Yang Diterapkan Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri 1 Tabanan Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan.”
Sugiyono, “Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017.
Prof. Dr. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&DSugiyono. 2017. ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.’ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, 2017.
Sugiyono, “Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D.”
Dwi Andrian and Rita Aryani, “Peningkatan Pengucapan Konsonan Bilabial /P,B,M/ Menggunakan Media Flashcard Pada Anak Tunarungu,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 10 (2023): 8141–46, https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2229.
Sambodo Sriadi pinilih, “Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Kecemasan Sosial Pada Remaja Tunarungu,” Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang Kesehatan 2, no. 2 (2018): 70–80, https://doi.org/10.36971/keperawatan.v2i2.46.
Andrian and Aryani, “Peningkatan Pengucapan Konsonan Bilabial /P,B,M/ Menggunakan Media Flashcard Pada Anak Tunarungu.”
Dra. Farida Jaya and Anisa Zein, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunarungu Di Slb Abc Taman Pendidikan Islam Medan.”
Suprapta, “Pendekatan Pembelajaran Klasikal Yang Diterapkan Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri 1 Tabanan Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan.”
KHOTIMAH, “Penerapan Gambar Isyarat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Recount Pada Siswa Kelas Viii I Smp Negeri 10 Malang.”
Dra. Farida Jaya and Anisa Zein, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunarungu Di Slb Abc Taman Pendidikan Islam Medan.”
Dra. Farida Jaya and Anisa Zein.
KHOTIMAH, “Penerapan Gambar Isyarat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Recount Pada Siswa Kelas Viii I Smp Negeri 10 Malang.”