Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Baca Tulis Juz ‘Amma dan Kaleng Infaq Gisa
Keywords:
Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, IQ siswa, sekolah dasar, strategi pembelajaran, peran guru, tantangan dan solusi., Keywords: Differentiated learning, student IQ, elementary school, learning strategies, teacher's role, challenges and solutions.Abstract
ABSTRAKPembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang dirancang untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan intelektual (IQ) siswa di sekolah dasar sehingga setiap siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan potensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menghadapi variasi IQ siswa, peran guru dalam mengidentifikasi serta memenuhi kebutuhan belajar siswa, dan tantangan beserta solusi yang ditempuh dalam penerapan strategi tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi pengelompokan siswa, variasi metode pengajaran, dan penyesuaian produk belajar efektif membantu siswa belajar optimal sesuai tingkat kecerdasannya. Guru memiliki peran penting dalam mengenali kebutuhan individual siswa dan menyesuaikan proses pembelajaran agar inklusif dan adaptif. Meski terdapat berbagai tantangan seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan kompetensi guru, solusi berupa pelatihan, kolaborasi, serta pemanfaatan teknologi dapat mengatasi hambatan tersebut. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi berkontribusi pada terciptanya pendidikan yang adil, efektif, dan mampu meningkatkan kualitas belajar siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, IQ siswa, sekolah dasar, strategi pembelajaran, peran guru, tantangan dan solusi.
ABSTRACT
Differentiated learning is an approach designed to accommodate the differences in students' intellectual abilities (IQ) in elementary school so that each student can learn according to their needs and potential. This study aims to examine the implementation of differentiated learning in dealing with variations in student IQ, the role of teachers in identifying and meeting student learning needs, and the challenges and solutions taken in the implementation of these strategies. The method used is descriptive qualitative with data collection through observation, interviews, and documentation studies. The results of the study show that differentiated learning strategies that include student grouping, variety of teaching methods, and adjustment of learning products are effective in helping students learn optimally according to their level of intelligence. Teachers have an important role to play in recognizing the individual needs of students and adapting the learning process to be inclusive and adaptive. Although there are various challenges such as limited time, resources, and teacher competence, solutions in the form of training, collaboration, and the use of technology can overcome these obstacles. Thus, differentiated learning contributes to the creation of education that is fair, effective, and able to improve the quality of student learning in elementary school.
References
REFERENSI/DAFTAR PUSTAKA
(2020), Hasnawati & Netti. “Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran PAI Di SMAN 4 Wajo.” Educandum, 2022.
Agustiana, Dendi Muhammad, Mohamad Malik, and Sri Rumiati. “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Citizenship Virtues 3, no. 2 (2023): 522–33. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869.
Andini, Firli, Ikaputera Waspada, Neti Budiwati, and Sumartini Susanto. “PERAN GURU DENGAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEMBANGUN STUDENT WELL-BEING PADA SEKOLAH MENENGAH.” Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2023. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1490.
Ayu Sri Wahyuni. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 2 (2022): 118–26. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.
Basra, Hasniar. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Quizizz.” Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel 3, no. 4 (2023): 193–208. https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v3i4.177.
Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2846–53. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504.
Fauzia, Redhatul, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 3 (2023): 1608–17. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323.
Nisa, Ma’rifatun, and Didi Pramono. “Kultur Belajar Sistem Kredit Semester Di SMA: Perlukah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka?” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2023. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1410.
Nurpuwanto, ahmad teguh. “Modul Pembelajaran Berdiferensiasi.” Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru 2 (2022).
Pradana, Muhammad Fernanda Adi, Azizatuz Zahro, and Didin Widyartono. “Desain Pembelajaran Model ASSURE Dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Media Plotagon Di Era Merdeka Belajar.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 12, no. 1 (2023): 13. https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2852.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, 2020.
———. “Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2017.
Sugiyono, Prof. Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&DSugiyono. 2017. ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.’ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, 2017.