Penguatan Profil Pelajar Pancasila; dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi dan Moderasi Beragama pada Siswa Sekolah Dasar Pademawu Timur 2
Keywords:
Profil Pelajar Pancasila Toleransi Beragama Moderasi Beragama Pendidikan Dasar Metode UMMIAbstract
Penelitian ini menganalisis bagaimana SDN Pademawu Timur 2 memperkuat Profil Pelajar Pancasila melalui program tahfidz berbasis metode UMMI untuk membentuk sikap toleransi dan moderasi beragama siswa. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi juga menumbuhkan empati, kerja sama, dan sikap menghargai perbedaan. Kepala sekolah, guru, dan orang tua berperan aktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius dan inklusif. Namun, peneliti menemukan tantangan berupa perbedaan kemampuan siswa, keterbatasan sarana, dan belum adanya evaluasi sikap yang terstruktur. Peneliti menyimpulkan bahwa pengintegrasian nilai keagamaan dalam praktik harian mampu menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara efektif. Peneliti merekomendasikan penguatan sistem evaluasi karakter dan sinergi antara sekolah dan keluarga.
References
Abdullah, M. A. Pendidikan Islam dan Tantangan Multikulturalisme. Yogyakarta: PSAP UGM, 2009.
Alfauzan, H., Nurhasanah, dan Fitri Lestari. “Model Pembelajaran Dialogis dalam Penanaman Moderasi Beragama pada Anak.” Jurnal Sindoro Cendekia Pendidikan 6, no. 1 (2024). https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/9023.
Creswell, John W., dan Cheryl N. Poth. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. 4th ed. Los Angeles: SAGE Publications, 2018.
Denzin, Norman K., dan Yvonna S. Lincoln. The SAGE Handbook of Qualitative Research. 5th ed. Los Angeles: SAGE Publications, 2018.
Foundation, Ummi. Panduan Pelaksanaan Metode UMMI. Surabaya: Ummi Foundation, 2020.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Panduan Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/profilpelajarpancasila.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 4th ed. Los Angeles: SAGE Publications, 2020.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KTSP. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Purnama, Reni. “Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Menumbuhkan Toleransi di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1561.
Putri, Arifah Rahma, dan Ahmad Budiman. “Integrasi Nilai Profil Pelajar Pancasila dan Multikultural dalam Pendidikan Dasar.” Jurnal Ikhtisar Pendidikan 3, no. 2 (2022). https://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/ikhtisar/article/view/131.
Rahman, N. A. “Community-Based Education dan Penguatan Karakter.” Jurnal Ilmu Pendidikan 17, no. 1 (2021): 34. https://journal.uny.ac.id/index.php/jip/article/view/37052.
Sahlan. Pendidikan Nilai Melalui Pengalaman: Menumbuhkan Karakter Sejak Dini. Malang: UIN Press, 2020.
Sahlan. “Pendidikan Inklusif dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2021): 101–113. https://ejournal.stainmajene.ac.id/index.php/jpi/article/view/217.
Samani, Muchlas. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2012.
Samani, Muchlas. “Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Karakter 3, no. 2 (2013): 155–167. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/2123.
Santrock, John W. Educational Psychology. 5th ed. New York: McGraw-Hill, 2004.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: Kencana, 2011.
Sugiyanto. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Tilaar, H. A. R. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo, 2002.
Tilaar, H. A. R. Membangun Pendidikan Nasional Menghadapi Abad ke-21. Jakarta: Grasindo, 2002.
Wardani, Heni, Ahmad Muhtadi, dan Eka Pratiwi. “Penguatan Nilai-Nilai Multikultural Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika 14, no. 1 (2024). https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/625.
Yin, Robert K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. 6th ed. Los Angeles: SAGE Publications, 2018.
Zamroni. “Implementasi Nilai Toleransi dalam Pendidikan Dasar.” Jurnal Multikulturalisme dan Pendidikan 4, no. 1 (2020): 45. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/2642.