Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Peduli Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Peduli Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Pendidikan Karakter, Generasi Emas 2045, Berpikir Kritis, Peduli SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan peduli sosial melalui pengembangan pendidikan karakter dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat ajar mengikuti rancangan ADDIE (Analysis; Desain; Develop; Implement; Evaluate) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda (1990-an) dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan rancangan prettest-posttest control group design. Hasil penelitian perangkat ajar siswa sebesar 95% sehingga dapat dikatakan berkualitas. Kemudian rata-rata nilai keterlaksanaan pembelajaran dari semua aspek antara 3,8-4 dengan persentase 97%, sangat praktis. Dalam penelitian ini, peningkatan keterampilan berpikir kritis terlihat pada saat siswa menyampaikan pendapatnya atau diskusi kelas dalam mengikuti pembelajaran secara lisan maupun secara tertulis dan terciptanya peningkatan sikap peduli sosial setelah mengikuti pembelajaran yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara. Pendidikan karakter sangat berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kepedulian sosial siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan pendidikan karakter dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 dapat meningkatkan berpikir kritis dan peduli sosial siswa di kelas V Sekolah Dasar.
References
Aini, A. dkk (2023). Literature Review : Karakter Sikap Peduli Sosial. Jurnal Basicedu, 7 (6).
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi pembelajaran prinsip dan teknik prosedur. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., & Setianingsih, F. N. (2022). Transformasi kebijakan kurikulum pendidikan di Indonesia sebagai landasan pengelolaan pendidikan. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 217-228.
Brown, Abbie H. & Green, Timothy D. (2016). The essentials of insructional design connecting fundamental principles with process and practice. New Jersay: Pearson Prentice Hall.
B. Weil, J., & Calhoun. (2000). Models of Teaching. New York: Person Education Company.
Darmawan, C. (2021). Mengasah Keterampilan Sosial Politik dan Bela Negara Generasi Muda. Putera Anugerah media.
Ghaniem AF, dkk (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD kelas V. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek. Jakarta Selatan: Kemdikbudristek
Hartinah, S., dkk. (2024). Inovasi Pendidikan Berkarakter Menciptakan Generasi Emas 2045. Journal on Education, 6(2), 13230-13237.
Kemendikbudristek. (2024). Bergerak Bersama Untuk Pendidikan Perubahan Iklim Dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemdiknas
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765-777.
Lickona, T. (1999). Character education: Seven crucial issues. Action in Teacher Education, 20(4), 77-84. https://doi.org/10.1080/01626620.1999.10462937
Mahyuddin, M. J., Sura, H., & Sulaiman, F. (2024). Kajian Revolusi Konseling Islam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Era Revolusi Mental 4. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6927-6935.
Mustaji & Sugiarso. (2005). Seri strategi pembelajaran ii, pembelajaran berbasis konstruktivistik. Surabaya: Unesa University Press
Nasional, K. P. (2010). Desain induk pendidikan karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Permatasari, M., & Murdiono, M. (2022). the Urgency of Political Ethics of Pancasila for the Millennial Generation Towards Golden Indonesia 2045. European Journal of Social Sciences Studies, 7(4).
Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Masyarakat Pluralisme di Cigugur Kuningan. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2).
Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI Press
Undang-undang No. 20 tentang Sistem pendidikan Nasional. (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Ziha, N. (2024). Value Education In Law School Curriculum: Cultivating Moral Autonomy. Pravni vjesnik, 40(1), 7-30.