Pengaruh Minat Siswa, Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Efektivitas Pembelajaran Olahraga pada Siswa Kelas VI Minu Ngingas Waru Sidoarjo
Keywords:
MINAT SISWA, DUKUNGAN ORANG TUA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OLAHRAGA.Abstract
Efektivitas pembelajaran olahraga tidak hanya ditentukan oleh satu faktor tunggal, melainkan merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang saling berkaitan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang secara empiris mengkaji pengaruh minat siswa, dukungan orang tua, dan lingkungan sekolah terhadap efektivitas pembelajaran olahraga. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo sebagai upaya untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran olahraga pada tingkat sekolah dasar. Teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang berfokus pada pengujian teori dengan melakukan pengujian terhadap variabel penelitian secara numerik dan melakukan analisis data dengan menggunakan metode statistik dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi. Dalam penelitian ini, peneliti akan menyebarkan kuesioner kepada para Siswa Kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo, dengan total sampel sebanyak 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara minat siswa, dukungan orang tua, dan lingkungan sekolah terhadap efektivitas pembelajaran olahraga pada siswa kelas VI MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Ketiga variabel tersebut saling melengkapi dan bersama-sama berkontribusi dalam menciptakan proses pembelajaran olahraga yang efektif dan optimal.
KATA KUNCI: MINAT SISWA, DUKUNGAN ORANG TUA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OLAHRAGA.
References
Ambarita, Jenri, M Pd K PITRI SOLIDA SIMANULLANG, and Penerbit Adab. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab, 2023.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. 15th ed. Rineka Cipta, 2019.
Atika, Amelia, and Novi Andriati. Minat Belajar Anak Slow Learner. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Juaini, Ahmad, Naelud Darajatul Aliyah, and Didit Darmawan. “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok Timur, Ntb.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) (2024): 1890–1909.
Masduqie, Muhammad Hamdan Ali, Syarifudin, and Ana Toni Roby Yudha. “GREEN ECONOMY OF WASTE BANK IN THE PERSPECTIVE OF MAQASHID SHARIA IN SURABAYA GREEN ECONOMY MELALUI BANK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH DI KOTA SURABAYA.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 8, no. 5 (2021): 593–606.
Mustafa, Pinton Setya, and Wasis Djoko Dwiyogo. “Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Indonesia Abad 21.” Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA) 3, no. 2 (2020): 422–438.
Ningsih, Wahyu. “Bentuk Pendampingan Orang Tua Dalam Belajar Anak Di MIN 10 Magetan.” IAIN Ponorogo, 2023.
P.Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif/Prof.Dr.Sugiyono, 2018.
Priyatno, Dwi. Mandiri Belajar Dengan Program SPSS. Jakarta Selatan: Penerbit Buku Kita, 2009.
Rachmadyanti, Putri, and Vicky Dwi Wicaksono. “Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 2016.