Pendidikan sebagai Pilar Pembangunan Bangsa Indonesia Menuju Masa Depan Berkelanjutan
Keywords:
Pendidikan, Pembangunan Berkelanjutan, Indonesia Emas 2045, Pemerataan, Transformasi Digital, Human CapitalAbstract
Pendidikan merupakan elemen strategis dalam pembangunan bangsa. Dalam konteks Indonesia, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai alat peningkatan sumber daya manusia, tetapi juga sebagai medium pembentukan karakter nasional dan alat pemberdayaan masyarakat. Artikel ini mengulas peran pendidikan dalam konteks historis, sosiologis, dan ekonomis sebagai pondasi utama pembangunan berkelanjutan. Pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif dengan data sekunder dari lembaga nasional dan internasional. Artikel ini juga mengevaluasi kebijakan pendidikan Indonesia serta memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.
References
• Ariani, D. W. (2021). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
• Fauzi, A. (2020). Pendidikan dan Pembangunan Bangsa. Jakarta: Rajawali Pers.
• Freire, P. (2015). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
• Ki Hadjar Dewantara. (2004). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
• OECD. (2022). Education at a Glance 2022: OECD Indicators. Paris: OECD Publishing.
• Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
• Suryadi, A. (2019). Inovasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: Alfabeta.
• UNESCO. (2022). Global Education Monitoring Report. Paris: UNESCO.
• World Bank. (2021). Indonesia Education Flagship Report: Realizing Education’s Promise. Washington, DC: World Bank.