Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Numbered Head Together) Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tematik Di MI Al-Hidayah Gonggang
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.Abstract
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia. Di mana
pun di dunia ini terdapat masyarakat, maka di sana pula terdapat pendidikan. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata
pelajaran Tematik di MI Al-Hidayah Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan
Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif yang
digunakan untuk meneliti populasi atau sampel. Temuannya ialah sejauh mana
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran tematik di MI
Al-Hidayah Gonggang secara keseluruhan bahwa nilai “r†Product Moment 0,108 berada
diantara 0,00-0,20 yang berarti termasuk dalam kategori lemah atau rendah. Argumennya
ialah tidak ada hubungan korelasi antara variabel X dan variabel Y diabaikan.