Penggunaan Media Alat Peraga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V SDN Kaliuling 02 Tempursari Lumajang Jawa Timur

Authors

  • Mushoffah STAI YPBWI Surabaya

Keywords:

Media Alat Peraga, Sistem Peredaran Darah

Abstract

Pendidikan merupakan upaya menyiapkan peserta didik menghadapi masa depan dan
perubahan masyarakat yang sedemikian pesat, terutama IPTEK. IPA disebut sebagai ilmu
yang mempelajari tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam. Tujuan penelitian ialah
untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media alat peraga sistem peredaran
darah. Metode penelitian ialah penelitian eksperimen semu. Temuan ialah respon peserta
didik kelas V terhadap media alat peraga pada materi sistem peredaran darah pada
manusia tergolong kategori sangat baik, peserta didik tertarik dan memiliki antusias dalam
proses pembelajaran, hasil belajar rata-rata pretest 53,6 dan hasil belajar posttest 89,1.
Argument ialah pembaharuan terhadap sumber bahan ajar atau alat peraga yang digunakan
dalam proses pembelajaran adalah suatu inovasi untuk menyempurnakan atau
meningkatkan hasil belajar supaya materi yang disampaikan menjadi menarik dan
menyenangkan dengan menggunakan alat peraga sistem peradaran darah dalam
pembelajaran IPA

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles