Strategi Pembelajaran Transisi di RA untuk Mendukung Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54180/joeces.v5i1.574Keywords:
Strategi Pembelajaran, Transisi Sekolah, Kesiapan anak PAUD/ RA, Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah DasarAbstract
Masa transisi dari Raudhatul Athfal (RA) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan fase penting dalam perkembangan anak yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat guna mendukung kesiapan akademik, sosial, dan emosional mereka. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya strategi pembelajaran transisi yang terstruktur dan menyeluruh agar anak tidak mengalami kesulitan adaptasi saat memasuki jenjang pendidikan dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran transisi yang diterapkan di RA BUSTANUL ULUM dalam mempersiapkan anak masuk SD.
Singkatnya, penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam strategi pembelajaran transisi di RA melalui berbagai metode pengumpulan dan analisis data kualitatif, dengan melibatkan berbagai pihak terkait, serta menjunjung tinggi etika penelitian demi mendapatkan pemahaman yang komprehensif dan valid..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran transisi di RA Bustanul Ulum mencakup kegiatan pembiasaan, pengenalan lingkungan sekolah dasar, penguatan keterampilan dasar (seperti membaca, menulis, dan berhitung), serta pembentukan karakter anak melalui pendekatan bermain sambil belajar. Selain itu, keterlibatan orang tua dan kolaborasi dengan guru SD menjadi bagian penting dalam strategi ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran transisi yang terencana dan terintegrasi secara holistik mampu mendukung kesiapan anak secara optimal untuk memasuki Sekolah Dasar, baik dari segi kognitif, sosial-emosional, maupun kemandirian anak. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada pentingnya pelatihan guru dan dukungan kebijakan pendidikan dalam mengembangkan program transisi yang efektif di RA.
References
Fabian, H., & Dunlop, A. W. (2002). Transitions in the Early Years: Debating Continuity and Progression for Children in Early Education. London: RoutledgeFalmer.
Dasor, Y.W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2 (2), p. 19-25.
Mwangi, M.W. (2016). Parental Involvement and Strategies Used by Teachers in Supporting Children’s Transition from Pre-Primary to Primary School in Keambu County, Kenya.
Sidiq , Ridwan (2024) Kunci Transisi Paud- SD yang Berkualitas.Guepedia
Prawira, prawira Atmaja (2010) Psikilogi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta 11 November 2012.Depok Sleman Jogjakarta 55282
Musfita, R. (2019). Transisi RA ke Jenjang SD: Ditinjau dari Muatan Kurikulum dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Vol. 2 (1), p. 412 420.
Iqbal, M., Winanda, A., Sagala, D.H., Hasibuan, U.R., & Wirahayu. (2023). Peran Guru dalam Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pancur Batu. Journal on Education, Vol. 5 (3), p. 9299-9306.
Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi RA Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781–788
Purwanti Ratna, M. P. (2020) Analisis Pembelajaran Nilai Kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B . Vol 3 No 2 Juni 2022
Wijaya, I. P. (2023). Penerapan Transisi RA-SD yang Menyenangkan: Ditinjau Dari Aspek Psikologis Anak. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran),
Upadhyaya, P. (2008). Emotional Intelligence in Teacher Education. Delhi: Anubhav Publishing House.
Goleman, Daniel. (2000). Minds. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Caruso, D.R., Salovey, P. (2004). The Emotionally Intelligent Manager: How to Develop and Use the Four Key Emotional Skills of Leadership. America: HB Printing.
Hidjanah,dtakiyyatuddaaimah,Irna.(2025) Kesiapan sosial emosional anak teori system ekologi transisi Paud ke SD.CV. Green Publisher
Yuliantina, I., Ambarrukmi, S., Yuniarti, S. L., Isaeni, N., Kunci, K., & Paud-Sd, T. (2023). PKM Bimbingan Teknis Transisi PAUD-SD untuk Guru PAUD dan Guru SD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (JPMF), https://journal.formosapublisher.org/index.php/jpmf
Ariyanto, A., Winarsih;, Candrahandaya, H., Martanti, C. D., & Saputro, L. A. (2023). Perencanaan Asesmen Formatif Pembelajaran Numerasi Pada Transisi Paud-Sd Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(2), 66–76.
Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31– 47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i 1.131
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Pratiwi, W. (2018). Kesiapan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1) http://www.m.kompasiana.com/eva_sadrina/kematangan-
Yusuf, A. Muri (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Jakarta: Kencana, Cet.2
Prawira Purwa,Atmaja (2012) Pikologi Pendidikan dalam perspektif baru. Jogjakarta: ETAr-Ruzz Media