Dampak Pendidikan Inklusif terhadap Perkembangan Sosial dan Akademik Anak Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.54180/joeces.v5i1.559Keywords:
Pendidikan Inklusis, Anak Tunarungu, Perkembangan Sosial, Perkembangan AkademisAbstract
Pendidikan inklusif memberikan kesempatan bagi anak-anak tunarungu untuk belajar bersama dengan anak-anak lain di lingkungan pendidikan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan inklusif terhadap perkembangan sosial dan akademik anak tunarungurung. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dan studi kasus di beberapa sekolah inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif berkontribusi positif terhadap perkembangan sosial anak tunarungu, seperti peningkatan interaksi sosial, kepercayaan diri, dan keterampilan komunikasi dengan teman sebaya. Selain itu, dalam aspek akademik, anak-anak tunarungu dapat memperoleh manfaat dari lingkungan belajar yang mendukung, meskipun masih ada tantangan dalam menyediakan fasilitas dan metode pengajaran yang tepat. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan inklusif sehingga dapat lebih efektif dalam mendukung perkembangan anak tunarungu.
References
Alfirah, a Zelvi Gustiana. „Pemanfaatan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kreativitas Motorik Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK )" 7, ?. 2 (2024): 140–54.
Ayuni, Audy, Cici Rusmaida, Habibie Ramadhan, a Nadila Aulia Rahman. „Pola Pendidikan Iklusif (Studi Bagi Anak Yang Mengalami Emosional Dan Perilaku)". Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam 6, ?. 01 (2024): 131–42. https://doi.org/10.52166/tabyin.v6i01.609.
Grainne, Grace, Nicholas Kho, Falda Suheri, a Daniel Robin. „Pengaruh pembelajaran inklusif terhadap kemudahan akses bagi anak untuk menggapai keadilan", b.r., 542–55.
Jauhari, Auhad. „Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas". IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 1, ?. 1 (2017). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099.
Meilina, Anita Puspa. „Dinamika Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Lampung Timur?: Analisis terhadap Peran Guru dalam Menghadapi Era Pendidikan Inklusif" 3 (2025).
Muhtarom, Taufik, a Puput Cahyani. „Analisis penyebab,social adjustment, dan dukungan sekolah terhadap siswa slow learner di SDN 1 Ngulakan". Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 7, ?. 01 (2023): 46–58. https://doi.org/10.30738/tc.v7i01.13520.
Rafikayati, Ana, Lutfi Isni Badiah, a Boy Soedarmadji. „Pengaruh Implementasi Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Inklusif Sman 10 Surabaya". Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 14, ?. 26 (2018): 151–57. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1680.
Rahmah, Fifi Nofia. „Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya". Quality 6, ?. 1 (2018): 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744.
Santoso, Ahmad Budi, Ahmad Firdausi Aminullah, a Mellia Putri. „Menggali Prestasi Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa?: Kolaborasi Orang Tua dan Guru" 1, ?. 2 (2024): 148–57. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.38.
Tahsinia, Jurnal, a Epy Pujiaty. „Strategi pengelolaan pendidikan inklusif untuk meningkatkan aksesibilitas di sekolah dasar" 5, ?. 2 (2024): 241–52.
Turnip, Putri Firmawindy, Fitri Handayani Chaniago, Shafira Rahma, a Dina Sinaga. „PENDIDIKAN INKLUSI DI SUMATERA UTARA?: KURANGNYA TENAGA PENDIDIKAN DAN FASILITAS UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS INCLUSIVE EDUCATION IN NORTH SUMATERA?: LACK OF TEACHING", 2025, 5630–38.