Analisis Pengelolaan Lingkungan Belajar di Luar Ruangan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Fitriya JF
  • Feni Happynis Br Aritonang Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nurul Hidayati
  • Febri Fazira AR
  • Lina Amelia

DOI:

https://doi.org/10.54180/joeces.v5i1.522

Keywords:

Pengelolaan Pembelajaran, Lingkungan Belajar di Luar Ruangan, Motivasi Siswa.

Abstract

Pemilihan topik ini didasarkan pada kebutuhan pemanfaatan potensi lingkungan alam sebagai sumber belajar yang meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan semakin terbatasnya waktu siswa di luar ruangan akibat perkembangan teknologi, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis berbagai strategi pengelolaan pembelajaran di luar ruangan serta dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, di mana peneliti mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang relevan, termasuk artikel ilmiah, buku, dan penelitian sebelumnya yang membahas tentang pembelajaran di luar ruangan. Melalui penelitian ini, peneliti mengidentifikasi praktik terbaik, tantangan, dan manfaat yang diperoleh dari penerapan pembelajaran di luar ruangan. Hasil kajian pustaka menunjukkan pembelajaran di luar ruangan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, memperkuat keterampilan sosial, serta meningkatkan pemahaman melalui pengalaman langsung. Selain itu, interaksi dengan lingkungan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Penelitian ini juga menemukan pengelolaan yang baik dalam pembelajaran di luar ruangan dapat mengatasi berbagai tantangan, seperti cuaca dan keamanan, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan pembelajaran di luar ruangan memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan pengelola sekolah untuk mengintegrasikan pembelajaran di luar ruangan ke dalam kurikulum, guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih holistik dan relevan.

References

Islam, Pendidikan, Anak Usia, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Ampel Surabaya, ‘STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR DI PAUD’, 07.02 (2024), pp. 102–14

Kamaliah, Lia, and Meisha Tri Hapsari, ‘Manfaat Penerapan Sistem Belajar Di Luar Kelas ( Outdoor Learning ) Untuk Anak Usia Dini’, 12.2 (2024), pp. 113–23

Nusantara, Universitas Islam, ‘PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR PADA SEKOLAH BERLAHAN SEMPIT’, 6 (2024)

Pratiwi, Bella, Ichsan Budiharto, and Suhaimi Fauzan, ‘Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kenakalan Remaja Pada Remaja Madya: Literature Review’, Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 2.2 (2020), doi:10.26418/tjnpe.v2i2.46145

Pratiwi, D.E., T.M. Utami, B Korneliya, M.Z. Rafiadzkay, and S.Q Aini, ‘Implementasi Pembelajaran Luar Ruangan (Outdoor Learning) Sebagai Penguat Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNNES 2023’, Journal of Education and Technology, 1.1 (2021), pp. 30–36

Susanti, Siti Misra, ‘MANAJEMEN PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR PAUD BERBASIS MASYARAKAT’, URNAL TUMBUHKEMBANG, VOLUME 5, NOMOR 1, MEI 2018, 5 (2018), p. 10 <https://core.ac.uk/reader/267824550>

Susilowati, Retno, ‘STRATEGI BELAJAR OUT DOOR BAGI ANAK PAUD’, Thufula, 2.1 (2014), pp. 65–82

Syaripatunisa, V, R Nurhayati, and ..., ‘Spesifikasi Lingkungan Belajar Di Luar (Outdoor)’, Indonesian Journal of …, x.2 (2022), pp. 534–40 <https://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1647>

Tuginem, Hestianna Nurcahyani, ‘Penelitian Strategi Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Pada Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review’, Jurnal Pustaka Budaya, 10.1 (2023), pp. 32–43, doi:10.31849/pb.v10i1.11275

Wiradnyana, Arya, ‘Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor Sebagai Penunjang Aktivitas Bermain Di TK’, Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.1 (2020), p. 17

Bella Pratiwi, Ichsan Budiharto, and Suhaimi Fauzan, ‘Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kenakalan Remaja Pada Remaja Madya: Literature Review’, Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 2.2 (2020), doi:10.26418/tjnpe.v2i2.46145.

Hestianna Nurcahyani Tuginem, ‘Penelitian Strategi Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Pada Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review’, Jurnal Pustaka Budaya, 10.1 (2023), pp. 32–43, doi:10.31849/pb.v10i1.11275.

Lilis, L., Aulia, A., Rifda, R., Saroh, U., & Musthofa, M. B. (2024). Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor Di Paud. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 102-114.

Anggraini, E. S., & Batubara, L. F. (2021). Evaluasi pemenuhan standar minimal sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini. Jurnal Usia Dini E-ISSN, 2502(7239), 70-78.

Mustamiroh, M., Syukri, M., & Lukmanulhakim, L. Pemanfaatan Lingkungan Outdoor Sebagai Sumber Belajar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7).

Jauhar, S. J., Riang, A. D. R. T. D., & Ilham, M. I. (2024). Outdor Learning Sebagai Penerapan P5 Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 506-513.

Murtadlo, M. K. A., Oktafiani, D. A., & Faizah, H. (2024). Evaluasi Efektivitas Kurikulum Merdeka Sebagai Langkah Kritis Menuju Implementasi Yang Optimal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6, 5564-71.

Mustamiroh, M., Syukri, M., & Lukmanulhakim, L. Pemanfaatan Lingkungan Outdoor Sebagai Sumber Belajar Pada Anak Usia 5-6 TAHUN DI TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7).

Harahap, D., Silalahi, D., Hutagalung, E., Purba, M., & Tansliova, L. (2024). Analisis tantangan dan solusi guru dalam implementasi strategi pembelajaran. Qistina: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 3(1), 778-782.

Abimanyu, I., Narulita, H., & Purwani, L. L. D. (2024). Kajian outdoor learning proses dalam pembelajaran siswa sekolah dasar: Studi pustaka. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 25-33.

Syaripatunisa, V., Nurhayati, R., & Sianturi, R. (2022). Spesifikasi lingkungan belajar di luar (outdoor). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 534-540.

Sari, D. Y., Maulani, S., & Irma, A. (2024). Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor Pada Sekolah Berlahan Sempit:(Studi Kasus Raudhatul Athfal (RA) Nurul Ikhwan Desa. Sangiang Kec. Rancaekek). Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 13-25.

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Fitriya JF, Feni Happynis Br Aritonang, Nurul Hidayati, Febri Fazira AR, & Lina Amelia. (2025). Analisis Pengelolaan Lingkungan Belajar di Luar Ruangan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan . Journal of Early Childhood Education Studies, 5(1), 159–184. https://doi.org/10.54180/joeces.v5i1.522

Issue

Section

Articles