Kendala Dan Solusi Dalam Proses Pembelajaran Anak Tunadaksa Di SLB Negeri Banda Aceh

Authors

  • Iramaaria Isra Yohanna Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
  • Faizatul Nisa

Keywords:

anak tunadaksa, pembelajaran, SLB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dan solusi yang dihadapi dalam proses pembelajaran anak tunadaksa di SLB Negeri Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara kepada guru yang berpengalaman dalam mengajar anak tunadaksa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK), khususnya tunadaksa, belum optimal. Kendala utama meliputi kurangnya komunikasi dua arah dengan siswa, keterbatasan fasilitas belajar, dan kurangnya kesesuaian metode pengajaran dengan kebutuhan siswa. Selain itu, terdapat perbedaan persepsi antara guru dan orang tua mengenai metode pembelajaran. Solusi yang diusulkan meliputi pendekatan individual, penggunaan metode yang variatif dan interaktif, pelatihan khusus bagi guru, serta penyediaan fasilitas yang mendukung kebutuhan fisik anak tunadaksa. Diharapkan dengan penerapan solusi ini, pembelajaran anak tunadaksa menjadi lebih efektif dan menunjang perkembangan akademik serta sosial mereka.

Kata kunci: anak tunadaksa, pembelajaran, kendala, solusi, SLB

References

Layyinah, A., Rahmawati, D., Febriana, A. N., Armadana, G. A., & Sartinah, E. P. (2023). Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Negeri Surabaya.

Mohammad Efendi,Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan, ( Jakarta: PT BumiAksara, 2006), 2

Rani, Khairunisa, and Muhammad Nurrohman Jauhari. "Keterlibatan orangtua dalam penanganan anak berkebutuhan khusus." Jurnal Abadimas Adi Buana 2.1 (2018): 55-64

Munisa, M., Lubis, S. I. A., & Nofianti, R. (2022). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (TUNADAKSA). Warta Dharmawangsa, 16(3), 358-364.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

Rizeki Afiah, A. (2018). PENANGANAN PEMBELAJARAN pada ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS terutama pada TUNA DAKSA di MI NURUL HUDA SEDATI. Unieversitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Iramaaria Isra Yohanna, & Nisa, F. (2025). Kendala Dan Solusi Dalam Proses Pembelajaran Anak Tunadaksa Di SLB Negeri Banda Aceh . Journal of Early Childhood Education Studies, 5(1), 103–115. Retrieved from https://journal.stai-ypbwi.ac.id/index.php/JOECES/article/view/504

Issue

Section

Articles