Reformasi Pendidikan dengan Islamisasi Ilmu

Authors

  • Masruli Abidin Pascasarjana Institut Studi Islam Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.1.89-101

Abstract

Reformasi pendidikan adalah upaya perbaikan pada bidang pendidikan. Ia memiliki dua karakteristik dasar yaitu terprogram dan sistemik. Reformsi pendidikan yang terprogram menunjuk pada kurikulum atau program suatu institusi pendidikan. Yang termasuk kedalam reformasi terprogram ini aadalah inovasi. Sedangkan reformasi sistemik berkaitan dengan adanya hubungan kewenangan dan distribusi serta alokasi sumber daya yang mengontrol sistem pendidikan secara keseluruhan. Hal ini sering kali terjadi di luar sekolah dan berada pada kekuatan social dan politik. Karakteristik reformasi sistemik ini sulit sekali diwujudkan karena menyangkut struktur kekuasaan yang ada. Sebelum melakukan reformasi tentu dibutuhkan konsep yang matang. Tawaran yang sangat mungkin yaitu reformasi dimulai dengan islamisasi ilmu sebagai subtansi yang sangat penting.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-23

How to Cite

Abidin, M. (2016). Reformasi Pendidikan dengan Islamisasi Ilmu. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 89–101. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.1.89-101

Issue

Section

Articles