Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di RA Fatun Qorib Banda Aceh

Authors

  • Fitriya JF Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.2.258-306

Keywords:

Persepsi guru, Penilaian K13, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di RA Fatun Qorib. Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan pendekatan dan penekanan dalam evaluasi pembelajaran antara kedua kurikulum tersebut. Kurikulum 2013 lebih menekankan pada penilaian berbasis kompetensi, sementara Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan yang lebih besar kepada pendidik dalam memilih metode evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif . Data dikumpulkan melalui wawancara, dan dokumentasi untuk memahami bagaimana evaluasi pembelajaran diterapkan dalam dua kurikulum yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kurikulum 2013, evaluasi lebih berfokus pada aspek kognitif dengan penilaian berbasis kompetensi. Sementara itu, Kurikulum Merdeka menekankan evaluasi yang lebih fleksibel, berpusat pada siswa, dan lebih menghargai perkembangan individu serta kreativitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan evaluasi pembelajaran pada kedua kurikulum memiliki kelebihan dan tantangan masing-masing, dan penting bagi para pendidik untuk dapat menyesuaikan metode evaluasi dengan kebutuhan siswa.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Fitriya JF. (2024). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di RA Fatun Qorib Banda Aceh. Journal of Early Childhood Education Studies, 4(2), 258–306. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.2.258-306

Issue

Section

Articles