Eksplorasi Pengalaman Belajar Melalui Media Flashcard dalam Mengembangkan Daya Baca Anak Usia Dini

Authors

  • M. Rifqy Maulana Universitas Negeri Surabaya
  • Mukhammad Wahyudi STAI YPBWI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.2.423-465

Keywords:

Konsep Belajar, Media Flashcard

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kemampuan membaca sejak usia dini sebagai dasar untuk mendukung proses belajar di masa mendatang. Salah satu metode yang digunakan adalah media flashcard, yang dianggap mampu meningkatkan minat dan kemampuan membaca anak secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan dan menganalisis pengalaman belajar membaca anak usia dini di TK Darussalam Wedoro Waru Sidoarjo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman belajar membaca anak usia dini di TK Darussalam Wedoro Waru Sidoarjo melalui penggunaan media flashcard efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca. Pengalaman belajar tersebut diterapkan dalam tiga bentuk, yaitu pengalaman langsung, tidak langsung, dan melalui aktivitas tertentu. Penggunaan flashcard terbukti mampu meningkatkan pengenalan huruf dan kata, keterampilan membaca awal, kemampuan kognitif, serta motivasi belajar anak. Hasil ini menunjukkan bahwa flashcard merupakan media pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan daya baca anak usia dini.

 

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Maulana, M. R., & Wahyudi, M. (2025). Eksplorasi Pengalaman Belajar Melalui Media Flashcard dalam Mengembangkan Daya Baca Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Studies, 4(2), 423–465. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.2.423-465

Issue

Section

Articles