Penerapan Media Gelas Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di Ram Nu 89 Al Muniroh 3 Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

Authors

  • Rochma Ervina

Keywords:

Media Pembelajaran, Gelas Angka, Lambang Bilangan

Abstract

Pencapaian perkembangan ketrampilan kognitif anak, guru harus mengetahui tahapan perkembangan membaca dan mengenal angka anak. Pemberian stimulus perkembangan bahasa anak khususnya di RAM NU 89 Al Muniroh 3 Pangkahkulon Ujungpangkah Gresik diberikan sesuai dengan tingkat usianya. Pentingnya permainan menggunakan media gelas angka diberikan agar anak dapat membaca dengan senang dan    mudah sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan berlandaskan hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyampaian yang mudah, sederhana dapat diajarkan melalui bermain, pengenalan  huruf dan angka menjadi responsif bagi perkembangan otak mereka, bukan hanya buku atau memperkenalkan kata-kata tetapi sekaligus di iringi dengan nada atau intonasi yang lembut kepada mereka dan dengan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu kegembiraan dan suasana yang menyenangkan adalah kunci keberhasilan kegiatan belajar membaca dan berhitung. Penerapan media gelas angka, membangun pemahaman peserta didik  terhadap lambang bilangan 1-10, hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya efektifitas peserta didik pada saat menghafal mengenal lambang bilangan 1-10, yaitu dari MB (Mulai Berkembang) hingga BSB (Berkembang Sangat Baik).

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Ervina, R. (2023). Penerapan Media Gelas Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di Ram Nu 89 Al Muniroh 3 Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Journal of Early Childhood Education Studies, 3(2), 1–48. Retrieved from https://journal.stai-ypbwi.ac.id/index.php/JOECES/article/view/240

Issue

Section

Articles