Penggunaan Teknologi Augmented Dengan Pendekatan Studi Eksploratif Reality dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Fifi Arisanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Jawwad Sulthon Habiby Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Muhammad ‘Azam Muttaqin Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.1.73-104

Keywords:

Augmented Reality (AR), Pendidikan Anak Usia Dini, Studi Eksploratif Tantangan Implementasi, Integrasi Teknologi Pendidikan

Abstract

Studi ini mengeksplorasi penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan anak usia dini. Penelitian dilakukan untuk memahami bagaimana AR dapat diintegrasikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksploratif dengan fokus pada pengalaman guru, respon anak, serta tantangan dan peluang implementasi AR di kelas-kelas PAUD. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan observasi langsung terhadap aktivitas belajar anak-anak menggunakan AR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR dapat meningkatkan motivasi belajar anak-anak dan memfasilitasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep abstrak. Namun, implementasi AR juga menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan teknis dan kurangnya pelatihan bagi guru. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi bagi pendidik dan pengembang kurikulum dalam mengintegrasikan teknologi AR secara efektif dalam pembelajaran anak usia dini.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Arisanti, F., Sulthon Habiby, J. ., & Muttaqin, M. ‘Azam . (2024). Penggunaan Teknologi Augmented Dengan Pendekatan Studi Eksploratif Reality dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1), 73–104. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.1.73-104

Issue

Section

Articles