Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Etika Bisnis Islam pada E-Commerce kalangan Gen Z di Pasuruan

Authors

  • Sugeng Pradikto Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Mun'yah Zahiroh Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.54180/jiesp.2025.4.1.45-52

Keywords:

Kelayakan Bisnis, Usaha Crown Laudry, Ekonomi Syariah

Abstract

Abstrak: Artikel ini membahas keterkaitan antara etika bisnis Islam dan loyalitas konsumen e-commerce kalangan Gen Z di Pasuruan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling terhadap pelaku dan konsumen e-commerce Gen Z di Pasuruan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip etika bisnis Islam—seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan transparansi—memiliki peran strategis dalam membangun loyalitas konsumen Gen Z. Generasi ini memiliki kesadaran tinggi terhadap nilai syariah dan lebih memilih bisnis e-commerce yang sesuai dengan prinsip Islam. Namun, masih terdapat tantangan berupa rendahnya literasi etika bisnis Islam di kalangan pelaku UMKM. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dan kebijakan yang mendukung penerapan prinsip syariah dalam operasional e-commerce. Artikel ini juga pentingnya konsep bai' as-salam sebagai jembatan antara transaksi syariah dan praktik digital modern. Kesimpulannya, integrasi etika bisnis Islam dalam e-commerce merupakan langkah penting untuk menciptakan ekosistem bisnis halal yang berkelanjutan dan meningkatkan loyalitas konsumen Gen Z.

References

Amelia, R. N., Indah, S., Sari, N., Putri, A., Ilmi, Z., Sa, H., Mafikah, A. D., & Latifah, E. (2025). Etika Bisnis Islam dalam E-Commerce di Era VUCA. 3.

Astuti, A. R. T. (2022). Etika Bisnis Islam (Kasus-Kasus Kontemporer). In IAIN Parepare Nusantara Press.

Dhinarti, L., & Amalia, F. (2019). E-commerce dalam perspektif fiqh muamalat. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 2, 162–169.

Etika, P., & Islam, B. (n.d.). Penerapan Etika Bisnis Islam di Pasar Digital |.

Ningrum, D. N., & Hadi, S. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konveksi Rizma Collection). JEBISKU: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus, 1(1), 114–131. http://jim.ac.id/index.php/JEBISKU/index%0AImplementasi

Nurmadiansyah, muhammad toriq. (2017). etika Bisnis Islam: konsep dan praktek. Cakrawala Pustaka, hlm. 1-97.

Penelitian, J., Manajemen, E., Manalu, M., Elsa, N. A., Febriani, G., Ekonomi, F., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Etika Bisnis Islam berlandaskan pada ajaran dan prinsip-prinsip Islam . Dalam era globalisasi dan perkembangan.

Permata (Universitas Muhammadiyah Lampung), R. J., Albab (Universitas Muhammadiyah Lampung), U., & (Universitas Muhammadiyah Lampung), M. (2024). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Jual Beli Marketplace. Muamalatuna, 7(1), 17–27. https://doi.org/10.36269/muamalatuna.v7i1.2462

Pratiwi, M. I. (2023). Muslim Customer LoyaltyPratiwi, M. I. (2023). Muslim Customer Loyalty in Buying Decisions for Halal Fashion Products. Admisi Dan Bisnis, 24. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/view/4594%0Ahttps://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/ar. Admisi Dan Bisnis, 24. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/view/4594%0Ahttps://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/viewFile/4594/108685

Rahayu, R. D., & Ningtyas, R. D. (2021). Halal e-commerce in the muslim fashion sector as an effort to encourage the development of halal industry in Indonesia. Journal of Halal Product and Research, 4(2), 71. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.4-issue.2.71-77

Rohmaniah, D., & Rohman, A. (2024). Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Idola Kecamatan Sepuluh Bangkalan. Jurnal Media Akademik, 2(6).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Pradikto, S., & Mun'yah Zahiroh. (2025). Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Etika Bisnis Islam pada E-Commerce kalangan Gen Z di Pasuruan. Journal of Islamic Economics Studies and Practices, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.54180/jiesp.2025.4.1.45-52

Issue

Section

Articles