Etika Bisnis Dalam Pemasaran Travel Haji dan Umrah (Studi pada PT Andamas Mabrur Wisata Cabang Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.54180/jiesp.2025.4.1.1-19Keywords:
Ethics, Islamic Business, Strategy, MarketingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis dalam strategi pemasaran di PT Andamas Mabrur Wisata Cabang Surabaya, yang menghadapi tantangan bersaing di industri pariwisata religi. Etika bisnis, sebagai landasan moral, menekankan integritas, transparansi, keadilan, kejujuran, amanah, dan tanggung jawab sosial dalam kegiatan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pegawai, observasi langsung, serta analisis dokumen. Teori taraf makro, meso, dan mikro digunakan sebagai landasan untuk mengetahui penerapan etika bisnis dalam komunikasi pemasaran di berbagai konteks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Andamas menerapkan nilai-nilai etika bisnis melalui transparansi informasi, komitmen pada kepuasan pelanggan, dan kejujuran dalam layanan. Pada taraf makro, perusahaan menjaga citra syariah di tengah persaingan. Pada taraf meso, strategi pemasaran difokuskan pada kualitas layanan yang etis. Pada taraf mikro, interaksi dengan pelanggan dilakukan secara ramah dan profesional untuk membangun kepercayaan. Temuan ini mengungkap bahwa penerapan etika bisnis dapat meningkatkan citra perusahaan dan kepercayaan pelanggan, memberikan kontribusi bagi pengembangan komunikasi pemasaran di industri haji dan umrah.
References
Andayani, Sri Umiatun. Konsep Dasar Etika Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri. Vol. 3, 2022.
Cahyono, Kukuh, and Ani Nurul Imtihanah. “Strategi Pemasaran Biro Umroh Dan Haji Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Pada Biro Umroh Haji Di Kota Metro).” MULTAZAM?: Jurnal Manajemen Haji dan Umrah 1, no. 2 (2021): 113–131. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Multazam113.
Desi Kristanti, Ni Luh Kardani, Ni Luh Ketut Ayu Sudha Sucandrawati & Hendrik. Etika Bisnis, (Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2023)
Darmawati. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam?: Eksplorasi Prinsip Etis Al-Qur’an Dan Sunnah.” Jurnal Ekonomi Islam 11, no. 1 (2017): 58–68.
Fauroni, Lukman. “Rekonstruksi Etika Bisnis: Perspektif Al-Qur’an.” Iqtisad 4, no. 1 (2009): 91–106.
Hajar Swara Prihatta, “Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Maliyah?: Jurnal Hukum Bisnis Islam 8, no. 1 (2018): 96–124, https://doi.org/10.15642/maliyah.2018.8.1.65-93.
Handayani, Ririn. Metode Penelitian Sosial. Bandung, 2020.
Hasanah, Hasyim. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017): 21.
Huda, Siti Nurul, and Nandang Ihwanudin. “Etika Bisnis Islam Dalam Tinjauan Al-Qur’an Dan Hadits.” Journal of Islamic Studies Review 2, no. 1 (2022): 67. http://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/article/download/35/21.
Irawan Deddy, Parapat Dyah Atika, Sazali Hasan. “El-Mujtama?: Jurnal Pengabdian Masyarakat El-Mujtama?: Jurnal Pengabdian Masyarakat.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2024): 486–493.
Lukman Fauroni, “Rekonstruksi Etika Bisnis: Perspektif Al-Qur’an,” Iqtisad 4, no. 1 (2009): 91–106, https://doi.org/10.20885/iqtisad.vol4.iss1.art6.
Sazali Hasan Irawan Deddy, Parapat Dyah Atika, “El-Mujtama?: Jurnal Pengabdian Masyarakat El-Mujtama?: Jurnal Pengabdian Masyarakat,” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2024): 486–93, https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i5.4305.
Muis, Badrul. “Etika Bisnis Dalam Prespektif Ekonomi Islam.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 5, no. 1 (2021): 32–44.
Prihatta, Hajar Swara. “Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Maliyah?: Jurnal Hukum Bisnis Islam 8, no. 1 (2018): 96–124.
Racmad et, Al. Manajemen Pemasaran. Eureka Media Aksara, 2022. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558183/manajemen-pemasaran.
Sazali Hasan Irawan Deddy, Parapat Dyah Atika, “El-Mujtama?: Jurnal Pengabdian Masyarakat El-Mujtama?: Jurnal Pengabdian Masyarakat,” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2024): 486–93, https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i5.4305.
Sri Ari sumaryati, “Etika Bisnis Sebagai Acuan Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Pada Bisnis Online),” Jumba: Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi 1, no 1 (2022): 55-69. https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/download/2/4
Siti Nurul Huda and Nandang Ihwanudin, “Etika Bisnis Islam Dalam Tinjauan Al-Qur’an Dan Hadits,” Journal of Islamic Studies Review 2, no. 1 (2022): 67, http://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/article/download/35/21.
Sugiyono, Djoko. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta, 2010.
Sulasih, Sulasih, Weni Novandari, and Refius Pradipta Setyanto. “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi Pemasaran Produk Simpanan Simbakota Di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto.” Miftah?: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2, no. 1 (2024): 1–17.
Susminingsih. Etika Bisnis Islam. PT. Nasya Expanding Management., 2020.
Yusnaidi, Yusnaidi, Mirdha Fahlevi SI, and Muzakir Muzakir. “Eksploitasi Anak Dalam Komunikasi Pemasaran Studi Kasus Iklan Mcdonald Fillet-O-Fish.” Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen 4, no. 1 (2020): 25–36.