Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serum Implora di Shopee
DOI:
https://doi.org/10.54180/jiesp.2025.4.1.71-77Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada produk skincare. Hasil analisis menunjukkan bahwa E-WOM tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menyoroti pentingnya memperhatikan ulasan online untuk meningkatkan keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan perlu aktif mendengarkan umpan balik dari konsumen dan melakukan perbaikan berdasarkan masukan tersebut akan menunjukkan bahwa perusahaan menghargai kepuasan pelanggan. Melalui upaya- upaya tersebut, tidak hanya akan meningkatkan citra perusahaan namun juga dapat meningkatkan keputusan pembelian. Selain itu, perusahaan dapat menyediakan layanan pelanggan atau customer care yang responsif melalui fitur chatting di Shopee dengan menjawab berbagai pertanyaan konsumen dengan fast respon, memberikan jaminan dan garansi apabila produk yang dijual tidak asli dan apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman produk, memastikan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi, serta menjamin produk sampai di tangan konsumen dengan aman. Temuan penelitian ini memperjelas bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian, perhatian yang seimbang terhadap E-WOM dan citra merek sangatlah penting.
References
Ansori, Ansori, Zaini Tamin AR, Moch Kalam Mollah, and Fatchor Rahman. “Penerapan Standar Enterprise Syariah Pada Pengelola Umkm Untuk Mempertahankan Keunggulan Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Istiqro 9, no. 1 (2023): 81–97.
Auliya, Fahma Zakky, and Juliana Alfi Naiim. “Pengaruh Online Customer Review, Label Halal, Dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli.” Jurnal STIE Semarang 13, no. 3 (2021): 104–115.
Fandy, Tjiptono. Brand Management & Strategy, 2004.
Firmansyah, M.A. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, 2019.
Hennig-Thurau, Thorsten, Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh, and Dwayne D. Gremler. “Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?” Journal of Interactive Marketing 18, no. 1 (2004): 38–52.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. Marketing Management, 2012.
Kurniawati, Aurelia Lintangsari. “Pengaruh Pesan Soft Selling Skincare Base Terhadap Minat Beli Produk (Survei Pada Followers Instagram @Itsmybase).” Jurnal Ilmu Sosial 5, no. 2 (2022): 85–94.
Masduqie, Muhammad Hamdan Ali, Istiqom Shinta Hardiyanti, and Afri Suhairi Panjaitan. “Manajemen Risiko Asuransi Syariah: Dasar Hukum, Tahapan Dan Urgensinya.” Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi 9, no. 1 (2023): 22–38.
Masduqie, Muhammad Hamdan Ali, Syarifudin, and Ana Toni Roby Yudha. “GREEN ECONOMY OF WASTE BANK IN THE PERSPECTIVE OF MAQASHID SHARIA IN SURABAYA GREEN ECONOMY MELALUI BANK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH DI KOTA SURABAYA.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 8, no. 5 (2021): 593–606.
Miati, Iis. “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar).” Abiwara?: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis 1, no. 2 (2020): 71–83.
Qumaila, A. “Jenis Dan Fungsi Serum Untuk Kulit Anda.” Hellosehat.Com.
Saputra Juliana, Agus Agung anak, and Made I Wardana. “The Role Of Trust And Brand Images In Meditation Of E-WOM Effects On Purchase Decisions.” American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR) 4, no. 7 (2020): 01–08.
Sinaga, Bona Aripin, and Sulistiono Sulistiono. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 8, no. 2 (2020): 79–94.
Sudarwati, Ibnu Suryo, Ryan Susanto, and Riris Whyuning Tias. “PREDICTION OF BRAND AWARENESS ON PURCHASING DECISIONS: BRAND IMAGE AS MEDIATION.” International Journal of Economic, Business and Accounting 7 (2023).
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2015.