Penerapan Manajemen Hubungan Pelanggan di Aqiqoh Nurul Hayat Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.54180/jiesp.2023.2.2.106-115Keywords:
Customer Relationship Management, Aqiqah service.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keingintahuan peneliti tentang pelayanan terhadap pelanggan dan cara yang dilakukan Aqiqah Nurul Hayat Surabaya untuk customer relationship management mempertahankan pelanggan, sehingga masih menjadi pelopor pertama dalam jasa aqiqah di Indonesia. Dalam pelayanan terhadap pelanggan dan mempertahankan pelanggan, Aqiqah Nurul Hayat menerapkan customer relationship management atau manajemen hubungan pelanggan. dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aqiqah Nurul Hayat menerapkan customer relationship management dalam mengelolah hubungan dengan pelanggan. Proses yang dilakukan mencakup identifikasi, diferensiasi, kustomisasi, berbagi informasi, keterlibatan pelanggan, kemitraan jangka panjang, pemecahan masalah bersama, teknologi berbasis CRM dan otomatisasi pelayanan. Selain itu, dalam penelitian ini terdapat faktor keberhasilan dan hambatan dalam penerapan customer relationship management.
References
Ari dkk. 2021. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan dan
Loyalitas Pelanggan Hotel. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntasi), 5(1),
1323.
Baso, Kevyb Junichi. 2020. Perancangan Aplikasi Catering Berbasis Mobile. Jurnal Teknik
Elektro dan Komputer, 9(2), 81.
Carissa dkk. 2014. Penerapan Customer Relatiosnhip Management (CRM) Sebagai Upaya
Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bandung Sporty Distro
Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 2.
Griffin Jill. 2003. Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan
pelanggan. Jakarta: Erlangga. Oktariana, Yuanira dkk. Faktor-faktor Customer
Realationshi Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Dalam Mewujudkan
Kepuasan Anggota dan Dampak Terhadap Loyalitas Anggota. Jurnal Provit, 6(2), 151-
153.
Indrawati, Ayu Desi. 2013. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan
Krpuasan Pelanggan pada Rumah Sakit Swasta di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen,
Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. 7(2), 135.
Mujab, Ahmad Syaiful. 2020. Customer Relationship Management program Konsultasi dan
Ceramah dalam Meningkatkan Value pada Yayasan Dana Sosial Mustahiq Surabaya.
Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Suanan Ampel Surabaya.
Musanto, Trisno. 2004. Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi
Kasus Pada CV Prabowo, Pramudita Ananta. 2013. Analisis Perilaku Konsumen Jasa
Katering Untuk Keperluan Pesta di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas
Surabaya, 2(1), 2.
Prabowo, Pramudita Ananta. 2013. Analisis Perilaku Konsumen Jasa Katering Untuk
Keperluan Pesta di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 2.
Sartika, Sri Hardianti, Customer Relationship Management, (Yayasan Kita Menulis Tahun 2023), Hal 4
Sasongko, Sambodo Rio. 2021. Faktor-faktor Kepuasan Pelnaggan dan Loyalitas Pelanggan
(Literature Review Manajemen Pemasaran), Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1),
106.Yuanira dkk. Tahun. Faktor-faktor Customer Relationship Management
(Manajemen Hubungan Pelanggan) Dalam Mewujudkan Kepuasan Anggota dan
Dampaknya Terhadap Loyalitas Anggota. Jurnal Profit, 6(1), 151.
Sirait, Dodit Putra. 2014. Pengaruh Customer Relatiosnhip Management dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan. Jurnal Digest Marketing. 15(1), 1.
Siregar, Nurafrina. 2017. Pengaru Pencitraan Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas
Pelanggan Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 11, 17.
Tim Media Zikir. 2007. Fiqih Aqiqah (Tanya Jawab Seputar Ibadah Aqiqah). Jawa
Tengah:Media Zikir).
Yuanira dkk, Faktor-Faktor Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan
Pelanggan) Dalam Mewujudkan Kepuasan Anggota dan Dampaknya Terhadap
Loyalitas Anggota, Jurnal Profit, (Vol. 6 No. 2 Tahun ), Hal 151.
Warmadi dan Aris Triyono. 2019. Manajemen Pemasaran. Sleman:CV Budi Utama.